Berdo'a itu wajib

Berdo'a itu wajib.Di tema kali ini saya akan berbagi ilmu yang sangat bermanfaat.Yaitu wajiban berdo'a,saudaraku yang budiman do'a adalah otaknya ibadah dan do'a adalah senjata orang beriman,tentu do'a adalah kewajiban bagi setiap manusia,dengan berdo'a setiap yang kita lakukan tentu menjadi sebuah cita-cita yang penuh dengan keyakinan.Karena berdo'a bukan hanya untuk kehidupan kita yang sekarang namun juga untuk kehidupan kita selanjutnya baik untuk di dunia maupun di akhirat nanti.

Jadi jika tidak sempat maka sempatkanlah tidak luang maka luangkanlah,jika sedang malas maka paksalah jika sedang bingung,ragu dan buntu maka teruslah berdo'a.Jika belum yakin dengan do'a maka simaklah ulasan cerita berikut ini.Mungkin dari cerita dibawah ini bisa memotifasi untuk kita yang ragu dengan do'a.
Berdo'a itu wajib
Dari ibnu umar RA berkata: Rosulullah SAW: Sesungguhnya do'a itu sangat bermanfaat untuk sesuatu yang sudah terjadi dan belum terjadi.Maka dari itu berdo'alah wahai hamba-hamba Allah (HR Tirmidzi).

Dan dari 'Aisyah RA Rosulullah SAW bersabda: tidaklah mempan sikap berhati-hati terhadap takdir,sedangkan takdir itu akan memberi manfaat,baik terhadap hal yang telah terjadi ataaupun belum terjadi,dan sesungguhnya malapetaka akan turun lalu disambut dengan do'a.Maka keduanya bergulat sampai hari kiamat(diriwayatkan oleh bazzar dan thabrani).

Diceritakan disebuah kisah dizaman bani isroil ada seorang yang soleh yang mana disuatu malam dia bermimpi didatangi oleh seseorang yang berkata:Allah SWT telah menentukan umurmu sekiantahun.Yang mana setengah umurmu dalam kecukupan dan separuh umurmu dalam kekurangan.

Sekarang pilihlah umurmu yang pertama atau yang kedua.Lalu orang soleh itu berkata kepadanya:
Aku punya seorang istri yang solehah,dan dia adalah pendamping hidupku.

Ajaklah dia bermusyawarah tentang masalah ini dan kembalikan kepadaku setelah itu.Maka aku akan memberitahukannya kepadamu kembali.

Lalu di pagi hari itu orang yang solih berkata kepada istirinya: Tadi malam aku bermimpi seperti ini seperti ini.Maka istrinya pun berkata:Wahai suamiku pilihlah setengah yang pertama lantas cepat-cepatlah berdo'a kepada Allah dan mintalah ampun kepada Allah,mudah-mudahan dengan cara ini Allah mengsihimu dan menyempurnakan nikmatnya kepada kita.

Kemudian dimalam berikutnya dia bermimpi didatangi oleh seorang yang berkata dalam mimpinya:
Apa yang engkau pilih? lalu orang yang solih itupun menjawabnya: aku memilih bagian yang pertama. Itu semua untukmu: Jawab lelaki itu(yang menemui dalam mimpinya) .Tidak lama kemudian ,orang yang solih mendapat rizqi yang berlimpah dimana-mana. Lalu istrinya berkata:ingatlah wahai suwamiku tentang keluargamu dan orang yang memerlukannya.dan jalinlah silaturrohim dengan mereka begitu pula dengan tetanggamu.Dan berikanlah mereka bagian dari rezeqi itu.

Ktika umur orang yang solih itu telah terlampaui.Lalu dia didatangi lagi dalam mimpinya dengan mengatakan Allah telah menyempurnakan nikmatnya dan mensyukuri kepadamu dan sebagai balasannya engkau mendapat kesempurnaan nikmat sampai akhir hayat mu sebagaimana engkau dapatkan selama ini.

Inti dari kisah diatas adalah ternyata berdo'a adalah ibadah yang harus kita laksanakan karena sangat bernilai disisi Allah walaupun dipandang sebelah mata oleh manusia tidak ada apa-apanya.Tentu do'a itu sangat berharga asal dalam do'a disertai dengan keyakinan bukan keraguan.Itulah motifasi berdo'a semoga dalam kisah ini Allah memberikan banyak hikmah kepada kita semua.Aamiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel