Kedurhakaan Qorun Terhadap Allah SWT

Kedurhakaan Qorun Terhadap Allah SWT. Ditema kali ini saya akan berbagi cerita tentang durhakanya Qorun,yang mana qorun merupakan umat dari Nabi Musa AS.Di dalam negri yang sangat terkenal subur makmur dan peradaban yang tinggi ternyata telah dikotori oleh manusia yang mempunyai prilaku dan keyakinan yang menyipang dari ajaran agama.Yang semestinya tuhan yang mereka sembah adalah Allah SWT.
Kedurhakaan Qorun Terhadap Allah SWT
Namun mereka menjadikannya raja Fira'un sebagai tuhan mereka.Kemudian Allah mengutus nabi musa untuk memerangi dan membasmi kemusryikan  yang ada dimuka bumi ini.Perjuangan Nabi Musa untuk menegakkan paji-panji tauhid ditengah orang bani isroil begitu berat,karena kebanyakan dari mereka beralasan dan rewel.Akan tetapi Nabi Musa tidak putus asa menghadapi mereka.Karena kegigihan dan ketekunan Nabi Musa maka bertambahlah pengikut Nabi Musa.

Sampai-sampai suatu ketika ada orang yang terpandang yaitu kaya raya juga menjadi pengikut Nabi Musa yaitu Qorun, yang mana qorun merupakan kekuatan untuk membantu perjuangan nabi musa dimuka bumi ini.Namun yang diharapkan hanya impian belaka.

Kekayaan yang dimiliki Qorun sangat luar biasa sehingga kunci-kunci gedung yang untukmenyimpan harta kekayaan Qorun tidak kuat apabila dipikul dengan laki-laki yang gagah sekalipun.Tapi sangat disayangkan ternyata kekayaan yang dimiliki Qorun itu hanya membuat angkuh dirinya.Sehingga sulit baginya untuk menerima nasehat-nasaehat dari nabi musa.

Sehinggahilanglah sifat-sifat iman didalam dirinya,sehingga ia malas beribadah kepada Allah karena yang terlintas dalam dirinya hanyalah menumpuk-numpuk harta benda.Jika qorun keluar selalu dihiasi dengan indahnya dunia.

Sehingga suatu ketika qorun sedang naik kuda yang mana pelanannya terbuat dari kulit yang bertahtakan emas dan perak dan baju yang ia gunakan adalah emas dan berlian sungguh memukau bagi seorang yang cinta dengan harta dunia.Tetapi tidak bagi yang mencintai akhirat sehingga memandang harta kekayaan qorun tidak ada arti disisi Allah SWT.Dan suatu ketika Allah menurunkan ayat tentang zakat yang diturunkan kepada nabi musa,yang mana saat itu qorun berniat hendak menemui nabi musa untuk meminta penjelasan ayat zakat.

Kemudian Nabi Musa menjelaskan ayat zakat kepada qorun.Setiap 1000 dinar zakatnya 1dinar kemudian setiap 1000 dirham maka zakatnya 1dirham lalu setiap 1000 kambing zakatnya 1 kambing,seperti itulah seharusnya terhadap harta yang kamu miliki.

Baik Nabi Musa,sekarang aku sudah tau tentang zakat,tapi aku akan hitung dulu hartaku.Aku pamit dulu, lalu qorun mulai menghitung hartanya,setelah dihitung-hitung ternyata kewajiban zakatnya sangat banyak sekali,sehingga qorun merasa berat untuk menyerahkannya kepada Nabi Musa.''Wah ternyata aku harus mengeluarkan ribuan dinar dan dirham,kalau seperti ini aku bisa rugi,Musa harus memberi penjelasan lagi,ini tidak bisa dibiarkan.''

Dan akhirnya qorun memikirkan untuk menjatuhkan kewibawaan Nabi Musa didepan pengikutnya atau koumnya.Ternyata secara diam-diam qorun mengundang pembesar-pembesar orang bani israil kerumah qorun.Para pembesar itu dihasut untuk diajak bersama-sama menjatuhkan Nabi Musa.

''Wahai koum bani israil sesungguhnya Musa telah memerintahkan kepada kalian berbagai macam peraturan agama yaitu agar kalian membayar zakat kepada Nabi Musa.

Taukah kalian ini adalah taktik Musa untuk merampas harta kalian semua,lalu harta itu untuk kebutuhan musa sehari-hari,dan untuk bersenang-senang dan lain-lain.Ini adalah pemerasan secara halus dan terang -terangan.Apakah kalian tidak sadar kalau kalian perahan Musa.Apakah menurut kalian.

''Wahai qorun engkau adalah pembesar kami,seperti itu benar,sekarang apa perintahmu kepada kami maka kami akan laksanakan.Lalu qorun berkata:carilah pelacur lalu dia kita beri upah,asalkan dia mau mengaku didepan umum bahwa dia telah berzina dengan Musa''.Maka berangkatlah utusannya qorun untuk mencari pelacur dan dibawa dihadapannya qorun.

Kemudian qorun berkata kepada pelacur itu.Wahai pelacur apakah kamu mau aku beri 1000dinar dan 1000dirham dan aku akan berikan kedudukan dan aku akan mengumpulkan dengan istri-istriku?'' dengan senang hati wanita pelacur itu mau.''Tentu aku mau dengan senang hati.''Tapi tidak semudah itu untuk mendapatkannya ada syarat yang harus kamu kerjakan.

Besok kamu harus mengakui depan banyak orang bahwa kamu telah berzina dengan Nabi Musa.''Apakah kamu sanggup?'' pasti sanggup , kenapa tidak ''jawab pelacur itu dengan bangganya.Lalu keesokan harinya qorun mengumpulkan orang-orang bani israil ditanah lapang yang luas,lalu qorun datang kepada Nabi Musa dan berkata:Wahai Nabi Musa saat ini orang-orang bani israil telah berkumpul ditanah lapang untuk minta nasehatmu dan pengarahan tentang perintah Allah.''

Nabi Musa pun bergegas menuju lapangan dan berseru.''Wahai bani israil!! Barang siapa yang mencuri maka ia akan dipotong tangannya,barang siapa menuduh zina tanpa ada saksi maka hukumannya dicambuk 80kali,bila ada bujang dan gadiz berzina maka masing-masing akan dicambuk 100 kali. Bagi yang pernah menikah lalu berzina maka diranjam  dengan batu sampai mati.Lalu qorun berkata:Wahai Musa bagaimana juka engkau sendiri yang berzina.

Apakah harus diranjam juga? Walaupun aku sendiri yang berbuat zina maka tetap diranjam.Lalu qorun berkata:Wahai musa semua orang bani israil telah mengetahui perbuatanmu.Ternyata engkau telah berbuat zina dengan seorang pelacur.''Jangan menuduhku sembarangan panggil pelacur itu.''Tegas Musa.

Akhirnya qorun pun memanggil pelacur itu.''Hai kamu majulah kedepan demi Dzat yang telah menurunkan taurot,aku bertanya kepadamu dan kamu harus menjawabnya dengan jujur.Apakah kamu telah berbuat zina denganku''.Tanya musa kepada pelacur itu.Wanita itu bergetar hatinya ketika ditanya oleh Nabi Musa.Ia tak kuasa untuk berbohong.

Allah telah membuka hatinya dan akhirnya ia dapat berfikir dengan akal sehatnya,dalam hati ia berkata;Aku telah berniat buruk dengan utusan Allah hanya demi mendapat kesenangan duniawi.Jika aku mau menyesali perbuatanku ini dan aku bertaubat kepada Allah maka aku yakin Allah akan mengampuni semua dosaku.

Lalu wanita itu berkata:Demi Allah aku tidak pernah berbuat zina dengan Nabi Musa,akan tetapi qorunlah yang membayarku untuk berbuat seperti ini.''Sontak qorun dan pengikutnya sangat terkejut.Ketika Nabi Musa mendengar pelacur itu berkata jujur bahwa dia tidak berbuat zina dengan Nabi Musa.Maka Musa bersujud kepada Allah dan menangis.Kemudian Allah emnurunkan wahyu bahwa bumi taat kepada perintah Nabi Musa.Dan Nabi Musa pun bekata;Wahai orang-orang bani israil sesungguhnya Allah telah mengutusku kepada qorun sebagaimana Allah mengutusku kepada fir'aun.

Maka barang siapa yang ingin bersama qorun bersamalah dan maka barang siapa yang ingin bersamaku jauhilah dia qorun.''Akhirnya semua orang menjauhi qorun kecuali dua orang.Saat itulah Nabi Musa membuktikan bahwa bumi memang diperintah Allah untuk taat kepada musa.Bumi pun langsung menelan mereka sebatas kaki.Qorun pun berusaha lari namun bumi tetap mencengkram kakinya.Qorun pun berteriak.''Hai Nabi Musa maafkanlah aku.

Selamatkan aku! dengan tidak memperdulikan qorun akhirnya musa perintah kembali pada bumi.Wahai bumi telanlah meraka.!.Lalu bumipun menelan mereka sebatas pusar,begitu seterusnya sampai sebatas leher,sambil merintih qorun pun terus memohon ampun dan disertai sumpah agar Nabi Musa mau memaafkannya.

Tapi Nabi Musa tidak menoleh sedikitpun terhadap qorun,akhirnya bumi pun menelan mereka sedikit demi sedikit hingga mereka terbenam.Setelah kejadian itu orang-orang bani israil membicarakan tentang harta kekayaannya qorun yang masih tertinggal.''Aahh inikan kesengajaan Nabi Musa saja agar Nabi Musa bisa menguasai harta kekayaan qorun.Mendengar seperti itu Nabi Musa sangat marah.Kemudian Nabi Musa berdo'a kepada Allah agar semua harta qorun ikut dibenamkan didalam bumi agar tidak menjadi fitnah kepadaku dan kepada orang bani israil.

Sesaat kemudian terdengar suara keras bersaan dengan hilangnya seluruh gedung dan istana dan harta kekayaan qorun tanapsedikitpun.Ternyata sehebat apapun yang dimiliki manusia bila ia kufur kepada Allah tidak bisa melaksakan perintahnya,maka dalam waktu singkat Allah akan membinasakan seluruh jiwa dan harta kekayaan qoru tanpa tersisa sedikitpun.Dan tidak akan ada yang bisa mencegahnya.

Itulah singkat cerita Nabi Musa dan Qorun,bahwa kita sebagai manusia tidak boleh meremehkan perintah Allah yang telah disampaikan melalui utusannya.Sehingga sekarang cerita qorun begitu populer dikalangan masyarakat luas.Bahwa jika mereka menemukan harta dabawah bumi mereka menyebutnya dengan harta qorun.Tapi itu hanyalah istilah saja bukan benar-banar harta qorun.Semoga cerita ini bisa menjadi manfaat untuk kita sebagai hamba Allah. Aamiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel