Mencari Rizqi Yang Halal dan Menjauhi yang Haram

Perintah mencari rezqi yang halal
Kita sebagai manusia sudah seharusnya mencari rizqi yang halal dan menjauhi yang haram-haram.Oleh sebab itu ini adalah ibadah wajib yang harus dilaksakan sebagi seorang yang muslim,karena dari yang halal akan menjadi berkah untuk mecukupi kebutuhan keluarga,dengan rizqi yang halal tentu semua itu akan menjadi pahala disisi Allah SWT.

Sebagiamana yang telah di firmankan oleh Allah di dalam kitab Al-qur’an suroh al baqoroh ayat 168 yang artinya: Wahai semua manusia makanlah kalian dari hasil bumi dengan halal dan baik dan janganlah kalian mengikuti langkah-langkah syaithon.Karena sesungguhnya syaithon adalah musuhmu yang nyata.

riski yang halal

1. Ancaman memakan harta yang haram
Sudah sama sama kita ketahui bahwa mencari yang halal itu adalah kewajiban yang harus dilaksanakan bagi setipa manusia yang terlebih lagi bagi kaum muslimin,dengan kita diberi berupa ilmu tentu kita akan mengetahui yang halal dan yang haram,namun bagaimana jika kita melakukan atau sengaja memakan sesuatu yang haram,tentu ini ada ancamannya.

Di tegaskan didalam al hadis attobroni yang diriwayatkan oleh sahabat nabi yang bernama ibnu abbas RA yang mana nabi SAW bersabda wahai manusia makanlah kalian dari sesuatu yang halal yang dihasilkan dari bumi Allah,yang halal dan baik...yang mana dalam terusan hadist beliau bersabda kembali:

sesungguhnya ketika seorang hamba memasukkan sesuatu yang haram kedalam perutnya maka amalan ibadahnya tidak akan diterima selama 40 hari,dan dimana seorang hamba yang makan pada suatu yang haram,riba,kemudian sampai tumbuh menjadi daging maka api nerakalah yang paling berhak dengan hamba tersebut.maksud dari hadist tersebut ini menjadi suatu penegasan bahwa mencari yang halal itu sangat wajib dan harus,dan yang haram itu juga sangat wajib dan harus ditinggalkan.

2. Balasan dan Manfaat Makan Harta yang Halal
Bagi seseorang yang terjaga dari sesuatu yang haram dan selalu berusaha mencari yang halal maka dia adalah orang yang Dilindungi dan diselamatkan oleh Allah SWT dari semua yang haram.Dengan mencari riqzi yang halal tentu seseorang akan diberi ketenangan jiwa.

Didalam al-hadist ahmad diterangkan dari Abi sa’labah Al khosaniyi RA dia berkata; Aku betanya kepada rosulallahWahai Rosulallah kabarilah aku segala sesuatu yang halal untukku dan segala sesuatu yang haram untukku. Lantas abi sa’labah berkata: Maka Nabi memandang aku dengan pandangan yang serius,kemudian Nabi bersabda: Kebaikan itu akan membuat jiwa dan hati merasa tenang.Sedangkan segala sesutu yang yang menjadikan dosa maka akan membuat jiwa dan hati tidak akan tenang.Walaupun ada seseorang yang berusaha memberikan pituah untuk dirinya.

Di dalam keterangan hadist diatas tentu bisa kita simpulkan bahwa dengan memakan sesuatu yang halal maka Allah akan memberi ketenagan hati dan jiwa,sebaliknya jika mencari harta dengan sesuatu yang haram maka Allah tidak akan memberikan ketenangan hati dan jiwa. Bukan hanya itu namun didalam kehidupannya Allah akan memberikan banyak kebarokahan. Sehingga hidup menjadi lebih baik dan didalam akhiratnya Allah memasukkannya kedalam surganya.

Demikianlah yang bisa saya tulis didalam artikel ini semoga kita semua selalu dijaga oleh Allah SWT dari segala sesutu yang halal dan selalu dijauhkan segala sesutu yang haram.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel