10 Manfaat Sayuran Untuk Penambah Darah Buat Ibu Hamil

Apa yang dimaksud dengan kurang darah? kurang darah atau yang biasa disebut dengan anemia adalah kondisi dimana jumlah sel darah merah atau homoglobin yaitu protein pembawa oksigen dalam sel dari darah berada dibawah normalnya, yang mana proses Oksigen yang dibawa oleh paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh akan menjadi sangat lambat dan membuat kalian sering pusing dan lelah, kurang darah atau anemia sering sekali menyerang pada ibu hamil karena ibu hamil cenderung mengalami kekurangan zat besi yang membuat sejumlah sel darah merah menurun oleh karena itu sangat penting untuk memasukkan daftar makanan penambah darah untuk ibu hamil dalam menu harian nya.

Pada saat kehamilan terkadang ibu hamil mengalami suatu penurunan kemampuan tubuh untuk dapat mengerjakan suatu pekerjann dengan normal,karena saat ibu hamil itu akan terjadi proses hemodilusi yaitu bertambahnya volume darah karena meningkatnya volume plasma dan massa eritrosit, sebab proses ini membuat kadar hemoglobin sangat rendah sehingga kebutuhan akan zat besi mulai meningkat yaitu sejak kandungan berumur 3 bulan dan sampai akhir masa kehamilan,untuk normalnya kadar hemoglobin dalam darah ketika ibu hamil pada trimester yang pertama dan kedua yaitu kurang dari 11 G/DL padahal pada trimester ketiga kadarnya akan berkurang menjadi 10,5 G/ DL. 
Ibu Hamil

Sayangnya lebih dari 50% ibu hamil kekurangan zat besi atau kekurangan darah pada ibu hamil itu dikarenakan oleh berbagai macam faktor diantaranya seperti kurangnya asupan zat besi pada makanan yang dikonsumsi karena meningkatnya kebutuhan zat besi bagi pertumbuhan janin atau juga disebabkan pola makan ibu hamil yang terganggu akibat mual selama masa kehamilan sehingga anemia atau kekurangan sel darah merah menjadi salah satu pemicu kematian ibu hamil yang tertinggi, tidak heran apabila ibu hamil biasanya dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen penambah darah.

Akan tetapi sebenarnya ada cara lain untuk mengatasi anemia pada ibu hamil yaitu dengan mengkonsumsi makanan penambah darah untuk ibu hamil, di bawah ini kami akan merangkum dari berbagai sumber yaitu tentang daftar sayuran penambah darah untuk ibu hamil, sayuran penambah darah ini bisa kalian masukkan dalam menu harian kalian untuk mengatasi kurang darah atau anemia

1. Wortel
Wortel populer akan vitamin A yang dikandungnya yang baik untuk menyehatkan mata. Tapi apakah Kalian tahu? Wortel juga baik buat melancarkan peredaran darah serta mengatasi secara baik adanya tekanan darah rendah. Buat mendapatkan manfaat sepenuhnya Kalian mampu menambahkan beberapa sendok madu dan  diminum ketika pagi hari tiba.

2. Daun basil
Daun basil memiliki khasiat buat mengatasi tekanan darah rendah. Kok bisa ya? Kalian hanya perlu memasaknya atau kalian jadikan daun basil ini menjadi jus menggunakan tambahan komposisi sehat lainnya seperti madu. Selanjutnya, minumlah setiap pagi ketika perut sang ibu belum terisi makanan.

3. Bawang putih
Bumbu dapur yang tidak akan terlupakan adalah bawang putih sebagai setok bumbu dapur para bunda. Jenis tumbuhan yang satu ini memang mampu membentuk sebuah hidangan santapan menjadi tambah enak. Namun, yang terpenting bawang putih juga berkhasiat untuk melancarkan sirkulasi darah.Maka kalian bisa mengonsumsinya sejumlah 2 siung setiap hari. Baik juga memakannya bersamaan dengan nasi.

4. Ginseng
Ginseng merupakan salah  satu tanaman yang dari berasal dari negara korea. Tumbuhan ini dipercaya  sangat berguna sejak jaman dahulu kala. Karena Ginseng bisa mengatasi tekanan darah rendah dan terbukti bisa menstabilkan tekanan darah Kalian.Jika Kalian ingin mengkonsumsinya, Kalian cukup mendapatkannya pada bentuk suplemen yang khusus buat bayi dan ibu yang sedang hamil.

5. Kubis
Kubis memiliki banyak manfaat satu jenis mulai dari kubis putih, kubis ungu serta kubis hijau. Tidak  harus berdasarkan jenisnya, kandungannya sangat bagus meliputi asam folat yang tidak mengecewakan. Selain itu juga, kubis memiliki manfaat dalam mencegah bertumbuhnya sel kanker dan juga sangat baik dikonsumsi untuk ibu yang sedang hamil karena kurang darah.

6. Daun kemangi
Daun kemangi tak jarang dipergunakan pada hidangan atau santapan pecel lele dan lainnya, karena pada kandungannya ternyata pentingnya dalam menormalkan tekanan darah pada ibu hamil khususnya. Contohnya di dalamnya terdapat pottasium, magnesium, vitamin c serta vitamin b5 yang sangat baik buat kelangsungan asupan darah Kalian.

7. Kedelai
Kedelai banyak diolah menjadi aneka jenis makanan serta minuman dengan sejuta manfaat didalamnya. Sebut saja tempe, tahu serta susu kedelai. Ini artinya jenis hidangan sehari-hari yang sering kalian dengar atau konsumsi bukan? Hidangan berasal bahan kedelai, dilansir mampu mengatasi kurang darah pada masa kehamilan.

Karena dalamnya terdapat kandungan zat besi sekitar 6,5 mg/75 gram. Ini artinya kadar yang cukup untuk memenuhi kebutuhan zat besi saat kehamilan. Selain itu terdapat juga protein yang baik buat kesehatan tubuh kalian.

8. Tomat
Buah dengan pesona warna yang indah ada merah,kuning hijau, ini mengandung zat besi setidaknya ada 2 mg/100 gr. Selain itu, terdapat juga kandungan vitamin c yang mempunyai fungsi antioksidan, baik bagi kulit, mencegah sel kanker serta lain sebagainya. Kegunaannya yang sangat banyak untuk menambah darah juga dibarengi banyak manfaat lainnya, jadi tidak ada salahnya ibu yang sedang hamil untuk mengonsumsi buah tomat tersebut.

9. Kacang kapri
Kacang kapri merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang mempunyai serat yang begitu tinggi. Selain itu ada asam folat berkisar 1.7 mg/100 gram. Bukankah ini kadar yang cukup untuk memenuhi kebutuha pada tubuh kalian akan serat dan  asam folat ? Yang terutama jenis kacang yang satu ini sangat baik buat menstabilkan peredaran darah kalian yang terkhusus buat ibu yang hamil.

10. Kacang merah
Berikutnya adalah kacang merah yang mana mempunyai banyak antioksidan. kacang merah ini bisa menjadi satu jenis makanan yang cocok untuk kalian konsumsi. Kandungannya juga ada zat besi yang mampu mencukupi lebih kurang 2.3 mg/75 gram nya. Ibu bisa mengekreasikan kacang merah ini menggunakan jenis santapan lainnya menjadi bahan kuliner atau tambahan saja.

Demikianlah 10 sayuran yang bisa menambah darah untuk ibu yang sedang hamil, adapaun sayuran merupakan sebagai tambahan saja, jadi untuk para ibu hamil jangan hanya mengandalkan sayuran saja akan tetapi harus diimbangi dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi lainnya. semoga informasi ini bermanfaat, dan terima kasih buat kalian sudah mengunjungi situs kami, jangan lupa untuk selalu mengikuti berita terbaru seputar kesehatan dan lain sebagainya melalui situs kami ini. Salam sukses dan semoga tuhan selalu memberi kesehatan kepada kita semuanya. Aamiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel