Makanan Penambah Darah Yang Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

Kurang darah merupakan penyakit yang mempunyai gejala tubuh mudah lelah letih dan sakit kepala berkelanjutan pada umumnya semua orang beresiko terkena anemia namun ada beberapa kondisi yang dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap penyakit tersebut khususnya anemia bisa menyerang salah satunya pada wanita yang sedang hamil, anemia atau kurang darah terjadi karena adanya ketidak seimbangan sel darah yang ada di dalam tubuh, artinya tubuh kekurangan sejumlah sel darah merah (hemoglobin) padahal sel darah merah sangat berperan untuk memberikan oksigen ke seluruh tubuh.

Nah inilah yang menyebabkan Salah satu gejala kurang darah atau anemia yang tidak tertahankan khususnya pada ibu yang sedang hamil kurang darah atau anemia itu sebenarnya sangat berbahaya dan harus segera ditangani oleh sebab itu ibu yang hamil bisa memicu terjadinya gangguan kesehatan selama masa kehamilannya bahkan bisa juga sampai menjelang persalinannya, kurang darah pada ibu hamil itu dapat menyebabkan persalinan prematur atau bayi lahir sebelum waktunya sehingga ibu hamil tidak boleh sembarangan dalam menangani masalah anemia atau ada gangguan penyakit lainnya.
Makanan Penambah Darah

Ketika Periksa ke dokter atau bidan hendaknya sang ibu harus menceritakan semua keluhannya tentu hal ini harus dilakukannya, selain itu juga harus menunjang kesehatan dengan pola makan yang baik sebab itu juga sangat penting perlu dilakukan contohnya seperti memperbanyak atau mengkonsumsi makanan penambah darah agar terhindar dari kurang darah atau anemia, lalu apa saja jenis makanan penambah darah yang aman bagi ibu yang sedang hamil? Berikut ini adalah ulasan yang harus anda ketahui untuk masalah kurang darah atau anemia.

1. Daging 
Ibu hamil yang sedang mengalami kurang darah juga disarankan untuk mengkonsumsi daging, adapun daging yang disarankan adalah daging merah seperti daging kambing dan daging sapi sebab daging termasuk dalam jenis makanan yang banyak mengandung zat besi, karena banyak ahli gizi mengatakan bahwa kandungan zat besi yang terdapat pada daging jauh lebih tinggi dibanding dengan sumber zat besi lainnya sehingga ibu yang sedang hamil disarankan untuk mengkonsumsi daging merah tersebut.

2. Bayam dan Brokoli 
Salah satu makanan yang sehat yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil agar tidak terkena anemia adalah sayur-sayuran, terutama sayuran hijau seperti bayam dan brokoli karena kedua jenis sayuran tersebut merupakan jenis makanan yang banyak mengandung zat besi dan asam folat kandungan ini dapat menjadi penambah darah yang baik khususnya untuk ibu yang sedang hamil karena kandungan yang terdapat pada bayam dan brokoli bisa menjadi penambah darah yang baik khususnya untuk ibu yang sedang hamil.

3. Buah-buahan 
Selama hamil juga disarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan karena makanan tersebut sangat baik untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu dan janinnya, buah-buahan juga banyak mengandung Vitamin dan Mineral untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat adapun buah yang disarankan adalah buah jeruk, yang mana buah jeruk kaya akan vitamin C sebab vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi.

4. Madu
Madu juga merupakan penghasil zat besi yang baik kombinasikanlah madu dengan buah-buahan karena itu merupakan satu cara terbaik untuk mendapatkan manfaat yang penuh akan manfaat, madu juga cenderung aman untuk dikonsumsi selama masa kehamilan dan dapat meningkatkan kesehatan untuk ibu dan janinnya.

5.Sumber protein 
Selain zat besi ibu yang sedang hamil juga harus banyak mengkonsumsi protein untuk mencegah adanya kurang darah karena tingkat produksi dan perkembangan sel-sel dalam tubuh termasuk sel darah merah membutuhkan protein, beberapa jenis makanan yang terkenal sebagai sumber protein yang baik untuk ibu hamil adalah ikan dan telur. Selain itu protein juga bisa ditemukan dalam jenis makanan seperti kacang-kacangan dan daging.

Itulah 5 makanan penunjang untuk ibu hamil agar terhindar dari anemia. Selain itu ibu hamil juga sebaiknya rutin melakukan pemeriksaan kehamilannya terutama jika mengalami kurang darah periksalah kandungan Anda pada dokter atau bidan kepercayaan anda agar diri anda dan janin selalu keadaan seahat dan baik-baik saja. Sekian artikel ini dibuat semoga bermanfaat dan selalu sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel