Manfaat Dari Buah Nanas

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Konsumsi Nanas. Nanas merupakan buah tropis yang populer di seluruh dunia. Di Indonesia, buah ini lebih sering dijadikan campuran rujak, makanan atau camilan sehari-hari ada juga yang menjadikan nanas sebagai dodol, dan juga bahan utama pembuatan kue lebaran yang sangat khas, yaitu nastar dan kue lainnya.
Nanas
Nanas mempunyai kandungan bromelain. Enzim yang penting untuk mencerna protien ini juga memiliki khasiat sebagai "obat pencernaan". Secara luas bromelain juga digunakan untuk anti-peradangan, anti-pembekuan darah, dan juga bisa sebagai anti-kanker. Zat ini juga sangat baik dan juga sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, nanas adalah kaya akan sumber vitamin C yang tinggi.

Kandungan mineral di dalam buah nanas antara lain mangan yang bersama dengan vitamin C diperlukan tubuh untuk melawan radikal bebas dalam tubuh manusia. Mangan adalah mineral yang penting untuk produksi beberapa enzim yang dibutuhkan untuk produksi energi tubuh. Karena buah nanas yang sudah matang sangat manis, disarankan untuk mengonsumsi buah ini dalam keadaan masih segar dibanding dengan dijadikan jus buah. Ini karena kandungan serat larut dalam air pada buah nanas bisa memperlambat naiknya gula darah saat dikonsumsi.

Buah Nanas merupakan sejenis tumbuhan iklim tropis. Nama nanas sendiri berasal dari sebutan pendudu Tubi yang mempunyai arti buah yang sangat baik. Tumbuhan yang tergolong monokotil yang masuk dalam famili Bromeliaceae merupakan buah primadona penduduk yang ada di Indonesia sebab rasanya yang enak dan menyegarkan serta kandungan serat, mineral dan zat gizi di dalamnya yang begitu banyak dan amat baik bagi tubuh manusia.

Nah, agar kit tidak ragu lagi untuk mengonsumsi buah nanas ini, berikut merupakan berbagai kandungan baik yang terdapat di dalam buah nanas, yuk simak penjelasannya dibawah ini!

6 Kandungan Dalam Buah Nanas yang Baik Untuk Tubuh, Kaya Manfaat!

1. Vitamin A, B dan C
Kandungan yang pertama yang ada pada buah nanas mengandung Vitamin A yang mana vitamin A adalah salah satu zat gizi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh manusia, vitamin A bisa kalian jumpai di berbagai jenis buah dan sayuran yang berwarna hijau, termasuk buah nanas ini. Vitamin A ini punya berbagai manfaat yang baik untuk tubuh manusia contohnya adalah seperti mencegah tubuh dari berbagai penyakit dengan memperkuat daya imun, menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan tulang dan juga menjaga kesehatan kulit agar bisa awet muda.

Buah nanas juga memiliki vitamin B, begitu pula dengan vitamin B dan C yang tak kalah penting bagi tubuh manusia yang mana vitamin B dan C berperan penting dalam menjaga daya imun tubuh dalam serangan penyakit, berperan sebagai antioksidan yang mengurangi risiko terserang berbagai jenis kanker serta menjaga kesehatan berbagai orang dalam tubuh seperti mata, jantung, serta ginjal. Sehingga lebih sehat sekaligus melancarkan pencernaa..

2. Kalium
Tubuh juga memerlukan Kalium yang mana kalium juga merupakan mineral penting yang berperan sebagai elektrolit. Sebagai elektrolit tersebut, kalium berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh, mengendalikan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung dan ginjal, membantu mengoptimalkan fungsi dari sistem saraf dan tentu saja masih banyak lagi manfaat lain dari fngsi kalsium bagi tubuh.

Jika kalian kekurangan kalium maka dapat menyebabkan berbagai macam dampak bagi tubuh kita seperti sering terjangkit sakit kepala, badan terasa lemas, gangguan tidur, lemas dan kram otot serta gangguan saraf sepert nyeri dan lain sebagainya.

3. Kalsium
Pada buah nanas juga terdapat kalsium yang mana Kalsium juga merupakan zat yang yang penting dan diperlukan oleh tubuh. Kalsium berperan penting terhadap fungsi-fungsi dasar tubuh, contohnya seperti menjaga fungsi menjaga fungsi otot, jantung,  impuls saraf, dan pembentukan tulang dan gigi, dan masih banyak lagi manfaat kalsium untuk tubuh kita.

Meskipun buah nanas sangat terjangkau soal harganya akan tetapi pada buah nanas mengandung kalsium yang cukup melimpah loh, rasa juga enak dan sangat menyegarkan, bikin ngiler ketika melihat buah yang satu ini!

4. Karbohidrat
Karbohidrat merupakan zat gizi yang penting sebab karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh, nasi yang kita konsumsi adalah sumber karbohidrat harian tubuh yang membuat kita bertenaga dalam melakukan aktifitas apapun. Nah, jangan diremahkan ternyata buah nanas juga mempunyai kandungan karbohidrat yang terdiri dari serat pangan dan gula alami di dalamnya.

Selain sumber energi, karbohidrat juga mempunyai banyak manfaat lain yang tak kalah penting bagi tubuh contohnya seperti meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kesehatan pencernaan, mengendalikan berat badan serta membantu menjaga massa otot dan masih banyak yang lainnya.

5. Magnesium
Pada buah nanas juga mengandung magnesium yang mana Magnesium merupakan mineral yang tak kalah penting untuk tubuh kita. Bukan hanya meningkatkan kepadatan mineral tulang, namun ada banyak sekali manfaat dan fungsi magnesium mulai dari menurunkan tekanan darah, produksi energi, mengurangi migrain, insomnia pengaturan suhu tubuh, detoksifikasi, dan depresi serta menurunkan risiko penyakit jantung koroner dan masih banyak lagi fungsi penting lainnya magnesium bagi tubuh kita.

6. Adapun kandungan yang terdapat pada buah nanas ini bisa kita lihat dibawah ini:
Dalam 100 g buah nanas terdapat berbagai mineral penting dan dibutuhkan oleh tubuh di dalamnya yaitu:
  • Vitamin A: 58 IU
  • Vitamin C: 47,8 mg
  • Vitamin D: 0 IU
  • Vitamin B6: 0,1 mg
  • Vitamin B12: 0 µg
  • Natrium: 1 mg
  • Magnesium: 12 mg
  • Kalium: 109 mg
  • Karbohidrat: 13 g
  • Kalsium: 13 mg
  • Kalori (kcal): 50
  • lemak: 0,1 g
  • Protein: 0,5 g
  • Zat besi: 0,3 mgm
Nah, demikianlah tadi berbagai kandungan yang ada didalam buah nanas yang baik dan diperlukan oleh tubuh, buah yang rasanya segar ini juga cenderung bersahabat dengan kantong kalian sehingga, jangan ragu untuk mengonsumsi buah tersebut dengan rutin. Semoga kita selalu sehat alami dan Semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel