5 Cara Membuat Situs Web Yang Mudah dan Gratis

Dunia online sekarang tampaknya menjadi kebutuhan bagi banyak masyarakat. Ini terbukti di banyak pasar atau yang biasa disebut dengan  marketplace, aplikasi, situs web, blog, dll. Dukungan teknologi canggih yang memungkinkan siapa pun untuk membuat situs web mereka sendiri secara gratis dan mudah. Inilah yang membuat banyak orang ingin memiliki situs web sendiri.

Situs online memiliki banyak variasi dan tipe. Beberapa situs web juga dibuat dengan tujuan masing-masing. Misalnya, untuk toko online, bisnis online, penyaluran hobi, pertukaran informasi dan lainnya. Karena keragamannya dalam berbagai kegiatan, itu adalah alat modern yang sangat berguna.

Cara membuat situs

Jika Anda juga tertarik untuk membuat situs web gratis untuk tujuan tertentu, ada cara praktis untuk melakukannya. Metode ini bagus untuk pemula, yang dapat dilakukan secara gratis di Internet. Proses pembuatannya juga dapat dilakukan pada beberapa perangkat, baik di ponsel Android maupun tablet. Lebih banyak Anda dapat menyimak langkah-langkah sederhana di bawah ini:

Cara membuat situs web yang mudah dan gratis

1. Tentukan Tema Atau Ide Situs Web

Langkah penting pertama yang harus diambil sebelum membuat situs web ialah menentukan topiknya terlebih dahulu. Ini dimaksudkan untuk kemudian menyesuaikan jenis atau tampilan situs web seperti apa yang ingin Anda tampilkan. Untuk menyelidiki, Anda dapat mulai berselancar di Internet, di sana Anda akan menemukan banyak ide.

Anda dapat memilih tema berdasarkan tujuan dan fungsi utama yang ingin Anda terapkan ke situs web Anda. Dengan eksekusi yang benar, Anda dapat yakin bahwa topik dan ide Anda akan berpotensi menghasilkan pendapatan yang lumayan baik.

Jenis situs web itu sendiri dibagi menjadi banyak jenis. Beberapa dari mereka yang bisa menjadi rujukan adalah situs web e-commerce, blog, situs pendidikan, situs berita, komunitas online, portofolio, dll. Setelah mengetahui tema situs web yang akan digunakan, Anda dapat melanjutkan langsung pada langkah berikutnya.

2. Pilih Platform Situs Web

Tahap selanjutnya yang tidak kalah penting adalah harus menentukan platform mana yang akan Anda gunakan. Sekarang ada banyak platform gratis yang dapat membantu Anda membuat situs web secara gratis dan mudah. Contohnya adalah Wordpress, Drupal, Joomla !, Wixsite dan lainnya. Namun, platform yang paling populer dan banyak digunakan adalah Blogger dan Wordpress.

Blogger dan Wordpress juga dianggap sebagai platform yang sangat cocok untuk pemula dalam pembuatan situs web pribadi. Ini karena Blogger dan Wordpress dapat digunakan secara gratis atau tanpa pembayaran dari tahap pengunduhan, instalasi dan modifikasi.

Selain itu, kegunaan situs web ini dapat diakai untuk keperluan situs web kecil, seperti blog atau bisnis kecil, namun, Blogger dan WordPress juga dapat digunakan untuk situs web skala besar, seperti yang dimiliki dan dikelola oleh perusahaan atau lembaga yang ada dimasyarakat.

3. Daftarkan Nama Domain

Sebelum melanjutkan untuk mengambil langkah-langkah spesifik untuk membuat situs web, nama menjadi penting dalam pengembangan situs web. Jadi pikirkan dulu nama yang menjadi ciri situs web yang  Anda kelola. Untuk memilih nama domain yang sesuai, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Lakukan brainstorming dengan nama-nama situs web yang berpotensi.
Gunakan fungsi verifikasi domain
Masukkan nama domain yang diinginkan dalam fungsi pencarian.
Pilihlah nama domain terbaik
Registrasi Domain Lengkap

Biaya rata-rata untuk membeli nama domain adalah sekitar Rp. 150.000 an bis kurang atau lebih, untuk masa aktif satu tahun. Anda dapat menyesuaikan nama domain Anda sendiri. Misalnya, jika hanya untuk penggunaan pribadi Anda, Anda dapat menggunakan nama Anda. Sementara itu, jika Anda memiliki tujuan komersial, pilih nama domain yang cocok dengan nama toko Anda.

4. Pilihanlah Hosting Web

Cara selanjutnya untuk membuat situs web adalah memilih hosting web yang dapat Anda percaya dan di percayai. Ada beberapa opsi hosting web, tetapi Anda harus mencari satu yang sesuai dengan kebutuhan proyek online Anda. Anda bisa mendapatkan hosting VPS terbaik dari Indonesia di beberapa situs terpercaya seperti Niagahoster dll.

Hosting adalah salah satu poin penting dalam pengembangan situs web. Fungsi utama itu sendiri adalah untuk menyimpan data dan file dari situs web online, jadi ini memungkinkan banyak orang untuk mengaksesnya dengan jaringan internet. Pemilik informasi juga dapat memberikan informasi sesuai dengan kebutuhan pengguna.

5. Instalasi dan modifikasi

Setelah menyelesaikan tahapan sebelumnya, yang meliputi pilihan platform, nama domain dan hosting. Proses selanjutnya adalah membuat situs web dengan menginstal dan memodifikasinya. Proses instalasi sangat sederhana. Karena ada sejumlah besar hosting yang sudah menggunakan instalasi klik, jadi ini bisa sangat memudahkan pengguna baru.

Cara menginstal secara khusus dapat melakukan hal berikut:
  • Masuk ke akun hosting Anda
  • Cari opsi atau tombol pada panel kontrol
  • Pilih Soft Apps Apps Installer dan kemudian pilih Wordpress
  • Kemudian, klik instal.

Dalam proses berikut konfigurasi perangkat lunak akan muncul, pada tahap ini Anda harus menghapus kata-kata di kolom Di direktori untuk menginstal langsung di situs web Anda.

Pilih opsi instalasi lagi dan tunggu sampai proses instalasi selesai. Setelah selesai, Anda dapat mulai menggunakan situs web. Layar yang masih kosong di situs web itu bisa Anda modifikasi secara langsung. Anda dapat memilih beberapa templat yang sudah tersedia. Anda juga dapat membuat konten atau artikel dengan posting atau halaman.

Modifikasi penampilan dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Buat perubahan semenarik mungkin untuk meningkatkan kualitas situs web Anda. Misalnya, cara membuat judul situs web di kolom kecil situs dan konten lainnya di menu konfigurasi. Halaman utama yang ditampilkan juga tergantung pada templat yang Anda pilih sebelumnya. Namun meski begitu, Anda dapat menyesuaikan konten atau tulisan apa yang ingin Anda tampilkan di halaman utama situs Anda.

Demikian ini penjelasan singkat tentang tutorial tentang cara membuat situs web yang mudah dan cepat. Metode ini tentu dapat membantu Anda karena dapat dilakukan tanpa panduan yang sulit dipahami. Prosesnya juga umumnya hanya membutuhkan waktu minimal 5-10 menit saja.

Setelah menyelesaikan situs web, Anda dapat mulai mempercantik tampilan dan mengembangkan situs web dengan berbagai alat terbaik. Teknologi modern memungkinkan Anda mendapatkan tips dan trik terkait dengan mudah dalam bentuk tutorial dan video dari YouTube. Semoga informasi ini dapat bermanfaat sebagai dasar untuk membuat situs web Anda. Salam sukses buat kita semuanya. Aamiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel