10 Bunga Sebagai Tanaman Herbal Yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Bunga merupakan tumbuhan yang sering ditanam disekitar halaman rumah roma wangi dari bunga memang membuat banyak orang ragu untuk mengonsumsinya menjadi obat. Padahal, bunga ternyata memiliki khasiat tertentu, lho. Jadi, mulai sekarang jangan anggap lagi bunga cuma sekadar pajangan saja.Penasaran dengan bunga yang berguna bagi kesehatanmu? Berikut 7 bunga mujarab sebagaimana dihimpun.

Bunga-bunga cantik yang menghiasi halaman rumah juga ternyata menyimpan khasiat mujarab untuk penyembuhan. Bunga-bunga ini memiliki berbagai macam khasiat untuk kesehatan. Apakah beberapa di antaranya ada yang kamu pelihara di depan rumah? Yuk, cari tahu jenis tanaman herbal berbunga tersebut di bawah ini!

1. Bunga Kumis Kucing
Bunga Kumis Kucing
Bunga kumis kucing memiliki warna putih dengan bentuk memanjang layaknya kumis dari hewan kucing. Tanaman herbal ini banyak tumbuh di Indonesia, termasuk di pekarangan rumah. Kumis kucing yang tumbuh di Indonesia memiliki kekhasan kandungan zat aktif seperti orthosiphon, sinensetin, lipophilic, flavonoid, orthosiphol, dan rosmarinic acid. Kandungan tersebut hanya dimiliki kumis kucing yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Tanaman herbal ini mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti:
  • Hipertensi 
  • Asam urat.
  • Menyembuhkan diabetes
  • Mengobati penyakit-penyakit yang berhubungan dengan organ ginjal;
2. Bunga Kemuning
Bunga Kemuning
Dilansir 99.co Indonesia dari situs tanamtanaman.com, tanaman kemuning kerap dijadikan bunga hias di rumah. Belum banyak yang tahu bahwa bunga cantik ini memiliki kandungan 60 senyawa minyak atsiri. Tidak hanya itu, di dalam kemuning pun terkandung kumarin, flavonoid, alkaloid indol dan tannin, saponin, dan glikosida jantung. Disebutkan, ekstrak dari tanaman herbal ini berfungsi untuk menurunkan jumlah glukosa di dalam darah.

3. Bunga Kenop
Bunga Kenop
Punya warna yang cerah dan bentuk yang unik, bunga kenop kerap dijadikan hiasan di halaman rumah. Di balik itu, tanama yang juga dikenal sebagai bunga kancing atau kembang puter ini ternyata bermanfaat sebagai obat-obatan alami.

Bunga asal Amerika yang juga tumbuh di Asia ini dapat digunakan sebagai penyembuh penyakit diantaranya:
  • Asma
  • Batuk
  • Demam
  • Disentri
  • Sakit kepala
  • Radang mata
  • Penambah nafsu makan
Cara menggunakannya adalah dengan merebus beberapa kuntum bunga ditambah dengan tanaman jahe.Baik kering atau masih segar, air rebusan bunga kenop dan jahe dapat diminum tiga kali sehari.

4. Bunga Mawar
Bunga Mawar

Bunga ini sebenarnya kaya dengan vitamin C dan dan aman untuk tubuh manusia. Kelopaknya bisa dimakan secara langsung untuk mengurangi depresi. Selain itu, teh dari bunga mawar sangat bagus dikonsumsi pengidap kanker.


5. Bunga Matahari
Bunga Matahari
Bunga matahari dapat memberikan tampilan hangat di pekarangan rumah. Tak hanya itu saja ternyata, sebab bunga ini mengandung banyak manfaat lain baik dari biji hingga minyak yang dimilikinya. Biji dan minyak bunga matahari mengadung banyak vitamin, magnesium, kalsium, hingga kalium. Oleh ebab itu, bunga matahari sangat bermanfaat sebagai obat herbal keluarga.

Biji bunga matahari sangat manjur untuk:
  • Membantu mencegah keram otot
  • Mencegah diabetes
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Mencegah osteoporosis
  • Mengurangi sakit pada kepala
Lalu, manfaat dari minyak bunga matahari adalah:Nutrisi baik untuk yang sedang diet karena mengadung omega- 6. Sehingga bisa menjadi obat anti inflamasi. Rebusan biji bunga matahari ternyata bisa mengurangi nyeri saat menstruasi. Selain itu, air rebusan bunga ini juga bisa mengobati sakit tenggorokan.

6. Bunga Lotus
Bunga Lotus

Jika Kalian akan mengkonsumsi lotus sebagai obat herbal maka caranya adalah dengan membuatnya menjadi sirup. Sirup dari bunga ini bisa mengatasi diare serta batuk yang berkepanjangan. Jadi tunggu apa lagi jika bunga lotus ada disamping rumahmua maka ambilah manfaat dari bunga Lotus tersebut.


7. Bunga Anyelir
Bunga Anyelir

Bunag Anyelir merupakan bunga yang terkenal sepanjang masa beragam warna ada pada bunga Anyelir ini jika Kalian suka dengan warna merah maka bisa kalian tanam, jika kalian suka dengan warna yang lain maka bisa kalian tanam tentunya sesuai dengan selera. Dari warna yang beragam tentunya ada banyak manfaat yang terkandung yaitu bunga Anyelir bisa dijadikan obat. Yaitu Rebusan kelopak bunga anyelir bisa mengurangi stres serta rasa cemas yang berlebihan. Selain itu, bunga ini juga bisa untuk mengurangi rasa sakit kepala serta demam.


8. Bunga Calendula
Bunga Calendula

Selain keindahan dari bunga ini ternyata Bunga ini sangat baik untuk mengobati kulit akibat luka atau kulit yang terbakar. Untuk mendapat hasil yang maksimal tentu saja ada cara yang harus diikuti. Caranya adalah dengan menumbuk untuk dijadikan krim. Kemudian oleskan pada luka atau kulit yang terbakar


9. Bunga Melati
Bunga Melati

Bung Melati merupakan bunga yang sangat terkenal dengan namanya dan juga akan keindahan dan wangi yang sumerbak. Selain keindahan yang dimiliki oleh bunga melati ternyata bunga melati juga mempunyai manfaat yang sangat baik untuk tubuh kita. Adapun manfaatnya adalah jika kalian mengalami sakit di bagian perut, minumlah bunga ini seperti kamu membuat teh.

10. Bunga Dandelion
Bunga Dandelion

Siapa yang tidak mengenal dengan bunga yang satu ini yaitu bunga Dendelion bunga ini ternyata mampu membersihkan kotoran yang ada pada darah. Tentu saja bunga ini sangat bagus bagi mereka yang terserang anemia.

Itulah 10 macam bunga yang bisa menjadi obat berbagai macam penyakit, sehingga mempunyai banyak manfaat, mulai dari sekarang tanamlah tanaman hebal untuk menjaga kesehatan badan kita, selain mafaat yang banyak didapat  tanaman tesebut juga sangat indah untuk menghiasi  halaman rumah kita. Semoga ini bermanfaat dan saya ucapakan terimakasih karena Anda sudah mengujungi blog kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel