Apa Pengertian Kepribadian Dan Contohnya

Apa Pengertian dari kepribadian itu? Keperibadian secara umum ialah bagian konsep yang sangat luas, namun secara khusus istilah kepribadian ini sangat erat kaiatannya dengan karakteristik perilaku seseorang. Setiap seseorang yang lahir di bumi ini mempunyai kepribadian yang unik yang bisa dibedakan dari seseorang yang lainnya. Sebagai penjelasan lebih lanjut, dalam pembahasan ini akan mengulas lebih dalam tentang apa itu pengertian kepribadian dan contohnya.
Kepribadian
Pengertian Dari Kepribadian
Kepribadian ialah dorongan seseorang melakukan tindakan sosial atas dasar perasaan, pengetahuan, dan naluri ilmiah seseorang. Setiap manusia tentu saja dia akan mempunyai kepribadian yang berbeda, hal yang tidak mungkin terjadi apabila seseorang dapat mempunyai banyak kepribadian.

Meskipun telah melakukan imetasi ataupun identifikasi.Supaya materi ini terasa lebih luas, maka perlu setidaknya memahami konsep dan pengertian tentang kepribadian menurut para ahli. Diantaranya sebagai berikut:


Yinge
Arti kepribadian ialah merupakan keseluruhan pola perilaku yang dilakukan oleh seseorang dengan sistem kecenderungan tertentu untuk terdorong melaksanakannya secara kontinyu  atau secara terus menerus. Akhirnya dengan keadaan demikianlah dirinya akan berinteraksi dengan serangkaian situasi yang dialaminya.

Koentjaraningrat
Tokoh budaya dan sosiologi ini memberikan pengertian dari kepribadian karatekteritik seseorang yang dilandasi atas dasar sifat dengan mununjukan secara konsisten dan konsekuen, sehingga keadaan ini mendorong seseorang mempunyai suatu identitas yang khas dan berbeda dari orang lain.

Theodore R. Newcombe
Menurutnya, pengertian kepribadian merupakan sekumpulan organisasi sikap-sikap (predispositions) yang dimiliki oleh seseorang sebagai latar belakang terhadap tingkah laku atau tindakan sosial yang dikerjakannya terhadap lingkungan sekitarnya.

Roucek dan Warren
Definisi kepribadian adalah sekumpulan organisasi atas berbagai bentuk faktor-faktor biologis, psikologis, dan sosiologis yang mendasari perilaku individu seseorang terhadap fenomena sosial atau keadaan sosial yang sedang dialaminya.

Robert Sutherland
Pengertian kepribadian ialah abstraksi yang dikerjakan secara individu dan tingkah lakunya sebagaimana halnya dengan masyarakat dan kebudayaan. Dengan arti inilah setidaknya kepribadian digambarkan sebagaimana hubungan saling mepengaruhi antara tiga aspek tersebut.

Dari berbagai macam pengertian kepribadian menurut para ahli di atas, bisa disimpulkan bahwa kepribadian adalah suatu proses integrasi sosial dari serangkaian kecenderungan seseorang untuk bersikap, bertindak,  berperasaan, , dan berperilaku sosial tentunya.

Apa Ciri-Ciri Kepribadian
Bisa kita lihat dari pengertian tersebut, dikatakan bahwa karateristik kepribadian yang ada disetiap seseorang, diantara sebagai berikut:

Kepribadian Baik
Inilah ciri-ciri yang melakat dalam proses kepribadian yang pertama ialah kepribadian baik, terbentuknya kepribadian ini berasal dari penjelanan fungsi dari keluarga itu sendiri dengan baik. Proses ini mempengaruhi seseorang untuk mengerjakan tindakan yang sesuai dengan ketentuan sosial pada masyarakat.

Contoh prilaku dengan kepribadian yang baik contohnya saja tentang tindakannya yang selalu beribadah setiap waktu, sesuai dengan ajaran agamanya. Misalnya saja dalam Agama Islam, ada seseorang yang mengerjakan Ibadah Sholat tepat pada waktunya dengan cara berjamaah. Secara otomatis tindakan ini menjadi ciri kepribadian yang baik di lingkungan keluarga dan masyarakat.

Kepribadian Buruk
Adapun ciri yang kedua, hadir dalam kehidupan setiap manusia ialah jenis kepribadian yang buruk. Yang didasari dengan adanya tindakan menyimpang dari biasanya yang ada di dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat. Tindakan ini bahkan tak jarang menimbulkan konflik sosial yang sangat fatal.

Untuk contoh kepribadian buruk yang bisa dijabarkan misalnya saja dengan adanya seseorang yang mengerjakan tindakan kriminalitas, dengan cara mencuri untuk memenuhi kebutuhan hidupanya. Secara tidak langsung tindakan kriminalis ini sangat merugikan dirinya ini adalah bagian daripada kepribadian buruk.

Dari banyaknya penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwasanya kepribadian secara tidak langsung akan memberi watak yang khas bagi seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Kepribadian bukanlah perilaku, namun kepribadianlah yang membentuk perilaku manusia itu sendiri, sehingga dapat dilihat dari cara berpikir, berbicara, atau berperilaku atau bertindak. Kepribadian lebih berada pada alam psikis atau jiwa seseorang yang diperlihatkan melalui perilakunya.

Aspek-Aspek Kepribadian
Jika dilihat dari aspeknya, kepribadian dapat terbentuk karena beberapa faktor sebagai berikut:

Pengetahuan
Wawasan dan pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang satu dengan lainnya, tentusaja tidak akan sama dengan yang lainnya. Akan ada perbedaan yang mendalam, dengan kondisi keadaan tentang pengatahuan menjadi aspek yang terpenting dalam membentuk kepribadian seseorang tersebut.

Contoh Kepribadian
Contoh mengenai kepribadian yang dapat disebutkan contohnya saja, ketika ada seseorang seorang siswa di sekolah yang harus segera diselesaikan tentang perselisihannya yang terjadi antara dua orang temannya. Keinginannya untuk menyelesaikan perselisihan merupakan kepribadiannya.

Adapun tindakan untuk penyelesaian konflik tersebut merupakan bagian daripada perilakunya. Dengan adanya contoh ini setidaknya kepribadian meliputi dari kebiasaan, sikap, dan sifat seseorang itu sendiri yang khas dan dapat berkembang apabila berhubungan dengan orang lain.

Perasaan
Pengertian dari perasaan ialah tingkah seseorang yang didasari pada faktor kejiwaan dalam hatinya. Kondisi ini akan mendorong seseorang untuk mengerjakan rutinitas yang sesuai dengan kata hati. Oleh sebab itu banyak pihak yang menjelaskan bahwa perasaan itu sama arti dengan emosi.

Naluri
Terakhir, yang menjadi pendorong dalam kepribadian seseorang ialah naluri. Naluri membentuk manusia untuk bertingkah laku sesuai dengan kata hati. Naluri mempunyai karakteristik yang berbeda daripada aspek lainnya, karena naluri di bawa dari sejak dia di lahirkan.

Dari serangkaian penjelasan yang ada diatas yaitu mengenai pengertian, ciri, aspek kepribadian, Penting pada bagian ini untuk mengulas lebih dalam lagi tentang contoh kepribadian. Tujuannya agar materi ini dapat lebih mudah untuk dipahami dan dilaksanakan dengan sebaik mungkin.

Itulah penjelasan dan pembahasan mengenai pengertian kepribadian dan contohnya. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan yang mendalam bagi siapa yang membaca dan yang membutuhkan materi tentang “kepribadian”. Semoga bermanfaat dan Trimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel