Inilah Pengertian Dari Pendidikan Karakter ,Tujuan dan Fungsi Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter akhir-akhir ini menjadi salah satu perbincangan yang utama dalam kebijakan nasional di bidang Pendidikan. Seluruh kegiatan belajar serta mengajar yang ada di negara indonesia ini harus berpaku pada pelaksanaan pendidikan Karakter. Hal ini juga sudah termuat di dalam NRANPK (Naskah Rencana Aksi Nasional Pendidikan Karakter) Rancangan ini sudah diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan pada tahun 2010. Dalam naskah tersebut dinyatakan yaitu pendidikan karakter menjadi unsur utama dalam pencapaian visi dan misi pembangunan Nasional yang termasuk pada RPJP 2005-2025.
FUNGSI PENDIDIKAN KARAKTER
Selain itu pada UU RI No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional: merumuskan fungsi dan tujuan pendidikan Nasional yang harus dipakai dalam mengembangkan upaya pendidikan di Indonesia. Pasal 3 UU SIKDIKNAS mengatakan: ''Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan dan membantu perilaku serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan generasi bangsa ini.

Dengan tujuan lainnya adalah bertujuan untuk berkembangnya potensi, pada peserta didiknya agar menjadi manusia yang beriman yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap atau trampil, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi”.

Apalagi saat-saat ini kita juga dituntut untuk menerapkan kemampuan karakter dan menumbuh kembangkan prinsip dalam pendidikan, tetapi pemahaman mengenai karakter secara mendasar belum kita fahami dengan sebenar-benarnya. Oleh karena itu sebelum meng Aplikasikan pada pendidikan karakter, kita perlu mengetahuinya terlebih dahulu apa arti dari pendidikan karakter itu? Apa arti dari fungsi pendidikan karakter itu?

Marilah kita simak penjelasannya dibawah ini.

A. Pendidikan
Pengertian dari pendidikan ialah suatu usaha sadar dan sistematis dalam mengembangkan potensi peserta didik. Menurut wikipedia Pendidikan merupakan pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang ditularkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya melalui dari pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan ini sering dilakukan di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga ada yang memungkinkan secara otodidak.

B. Pendidikan Karakter
Pengertian dari pendidikan Karakter ialah suatu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana serta proses pemberdayaan potensi dan pembudayaan peserta didik yang bertujuan untuk membangun karakter pribadi atau kelompok yang mampu menghasilkan nilai yang positif sebagai warga negara. Dalam kamus lain Pendidikan Karakter adalah bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu perbuatan yang mendidik yang ditujukan bagi generasi berikutnya.

C. Karakter
Pengertian dari Karakter atau watak ialah sifat batin yang memengaruhi segenap pikiran, perilaku, budi pekerti, dan tabiat yang manusia itu miliki atau makhluk hidup lainnya. Lebih lengkap lagi Karakter ialah nilai-nilai yang khas, baik watak, akhlak atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebijakan yang diyakini dan dipergunakan sebagai cara pandang, berpikir, bersikap, berucap dan bertingkah laku dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga generasi ini mampu membawa kehipan yang lebih baik lagi, terutama untuk bangsa ini.

Inilah Pengertian Dari Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli
Sudah sama-sama kita ketahui bahwa Pendidikan memang tak lepas dari yang namanya makna dan definisi. Di dalam dunia pendidikan banyak sekali istilah-istilah atau definisi-definisi yang digunakan kemudian membutuhkan pembahasan mengenai sesuatu definisi atau pengertiannya. Berikut merupakan beberapa pengertian Pedidikan karakter berdasarkan Undang-Undang dan para pakar/ahli yang dapat kami kutip dari berbagai sumber yang ada:

1. Menurut Thomas Lickona
Pendidikan karakter ialah suatu usaha yang dilakukan dengan sengaja untuk membantu seseorang sehingga orang tersebut dapat memahami, memperhatikan, dan melakukan nilai-nilai etika yang disampaikan atau bisa memahami intinya.

2. Menurut Kamus Psikologi
Menurut kamus psikologi pendidikan karakter ialah kepribadian yang dilihat dari titik tolak etis atau moral, misalnya kejujuran seseorang, dan berkaitan dengan sifat-sifat yang relatif tetap terjaga. (Dali Gulo, 1982).

3. Menurut Kertajaya
Pendidikan karakter ialah ciri khas yang dimiliki oleh suatu benda atau individu. Ciri khas tersebut merupakan asli dan mampu mengakar pada kepribadian sesorang atau individe tersebut, serta merupakan “mesin” yang mendorong bagaimana seseorang bertindak, bersikap, berucap, dan merespon sesuatu yang diterimanya.

4. Menurut Suyanto
Pendidikan karakter merupakan cara berfikir dan berprilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerja sama dengan orang lain, baik dalam ruang lingkup keluarga, ruang lingkup masyarakat, ruang lingkup bangsa, maupun ruang lingkup Negara.

Fungsi Dari Pendidikan Karakter
Di bawah ini merupakan penjelasan tentang apa fungsi dari pendidikan karakter. Fungsi pendidikan karakter karakter ialah untuk mengembangkan potensi dasar seorang anak agar berhati mulia dan juga berhati baik, berperilaku baik, serta punya pemikiran yang baik. Dengan fungsi besarnya untuk memperkuat serta membangun perilaku anak bangsa yang multikultur.

Selain itu juga ternyata pendidikan karakter juga mempunyai fungsi meningkatkan peradaban manusia dan bangsa  yang baik  di dalam pergaulannya di dunia. Pendidikan karakter dapat dilaksanakan bukan hanya di bangku sekolah saja, melainkan juga dari berbagai media yang meliputi keluarga, lingkungan, pemerintahan, dunia usaha, serta media tegnologi yang ada saat ini.

Tujuan pendidikan karakter
Tujuan pendidikan karakter ialah membentuk bangsa yang tangguh, berakhlak mulia, bermoral, bertoleransi, bekerja sama atau bergotong royong. Selain itu Pendidikan karakter juga membentuk bangsa ini agar mempunyai jiwa patriotik atau suka menolong sesamanya, berkembang dengan dinamis, berorientasi pada ilmu pengetahuan serta teknologi, beriman dan bertakwa pada Tuhan yang Maha Esa.

Realisasi Pendidikan Karakter
Pendidikan karakter ini secara umum untuk mewujudkan pendidikan karakter yang bisa dilakukan melalui pendidikan formal, non formal, dan informal. Saling melengkapi dan mempercayai dan diatur dalam peraturan dan undang-undang. Pendidikan formal dilaksanakan secara bertahap atau juga berjenjang dan pendidikan tersebut meliputi pada pendidikan secara umum, kejuruan, akademik, profesi, evokasi keagamaan dan khusus.

Dalam pelaksanaan pendidikan karakter dapat dilakukan melalui jenjang pendidikan yang diimplementasikan pada kurikulum di tingkat satuan pendidikan yang memuat pelajaran normatif, adaptif, produktif, muatan lokal, dan pengembangan diri.Pendidikan karakter di sekolah yang diimplementasikan pada pendidikan pengembangan diri antara lain:

Melalui kegiatan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, semisal : pengurus OSIS, Pramuka, PMR, PKS, KIR, Olahraga, Seni, Keagamaan dan lain sebagainya. Dengan kegiatan ekstrakurikuler ini dapat dan bisa menyentuh, mudah dipahami, dan dilakukan siswa sebagai bagian penyaluran minat dan dilakukan siswa sebagai bagian penyaluran minat dan bakat yang dapat dikembangkan sebagai perwujudan pendidikan karakter bangsa itu sendiri.

18 Nilai-nilai Karakter Berdasarkan Budaya Bangsa, Ini Jika berhasil Maka Akan Menumbuhakan Anak bangsa yang:
  • Toleransi
  • Disiplin
  • Religius
  • Jujur
  • Kerja Keras
  • Kreatif
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Rasa Ingin Tahu
  • Gemar Membaca
  • Peduli Lingkungan
  • Peduli Sosial
  • Tanggung Jawab
  • Semangat Kebangsaan
  • Cinta Tanah Air
  • Menghargai Prestasi
  • Bersahabat/komunikatif
  • Cinta Damai
Demikian sedikit ulasan yang dapat kami sampaikan yaitu mengenai pendidikan karakter. Ulasan-ulasan ini di dapat dari berbagai sumber yang ada diindonesia. Semoga dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel